Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 tips agar lancar membayar cicilan KPR


Siger.id - Awalnya Anda mungkin tidak merasa keberatan, akan tetapi jika cicilan dibiarkan menumpuk mampu jadi berdampak negatif bagi skor kreditmu (kredit macet). Kemudian, bagaimana cara membayar cicilan selalu lancar serta tepat waktu? berikut ini tipsnya.

Saat tidak seluruh kebutuhan tidak mampu dibeli secara tunai, banyak orang yg memilih opsi cicilan buat meringankan pembelian. Umumnya pembelian secara kredit berlaku buat beberapa barang menggunakan harga yg terbilang lumayan mahal. Contohnya kendaraan beroda empat, rumah, sampai barang-barang menggunakan brand high end.

Masalahnya, enggak seluruh orang bisa menggunakan bijak mengatur pembeliannya. Kredit dianggap hal masuk akal yg ujung-ujungnya menumpuk dan pusing saat akan bayar tagihannya.

Untuk Anda yg seringkali ada duduk perkara menggunakan pengaturan cicilan, berikut beberapa saran yg mampu diterapkan agar kamu tidak telat dalam membayar cicilan KPR.

Membayar cicilan KPR mungkin terasa sangat melelahkan, karena bisa berlangsung 15 - 20 tahun. Agar cicilan KPR Anda lancar dan rumah tidak dieksekusi bank akibat gagal bayar, ada 6 hal yang dapat Anda lakukan, yuk disimak.

Tips Agar Cicilan KPR Lancar

Membayar Cicilan Tepat Waktu

Gunakan fasilitas yang mempermudah pembayaran, seperti layanan auto debit dari Bank. Atau Anda juga bisa mengatur tanggal pembayaran di calender smartphone Anda, hitung-hitung sebagai pengingat.

Mengelola Keuangan

Saat membuat anggaran setiap bulan, jangan lupa untuk selalu memprioritaskan pembayaran KPR Anda pun wajib mematuhi anggaran yang telah dibuat.

Siapkan Dana Darurat

Dana darurat diperlukan untuk keperluan mendadak, sehingga pembayaran cicilan KPR tidak terganggu. Sebaiknya siapkan dana darurat minimal enam kali lipat dari pengeluaran bulanan

Gunakan Fasilitas Asuransi

Asuransi cacat bisa jadi pelindung penghasilan Anda ketika tidak lagi sanggup mencari nafkah akibat kecelakan yang mengakibatkan cacat permanen. Uang ini bisa digunakan untuk membayar cicilan KPR

Meningkatkan Kemampuan Cicilan

Anda dapat meningkatkan kemampuan mencicil meski besaran gaji relatif sama. Caranya: manfaatkan kenaikan gaji, tunjangan, atau bonus.

Membuka Kran Penghasilan Lain

Jangan mengandalkan dari gaji saja, sebisa mungkin Anda bisa membuka kran penghasilan lain, seperti berusaha, berjualan, atau bisa menjadi youtuber sehingga bisa menambah penghasilan tambahan.

Demikianlah tips yang bisa kami berikan kepada Anda. Selalu menjaga kesehatan ditengah-tengah covid-19 saat ini. Mudah-mudahan kita semua diberikan rejeki yang halal dan banyak. Amiin.

Posting Komentar untuk "6 tips agar lancar membayar cicilan KPR"