Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips menentukan harga jual rumah yang benar agar tidak rugi


Siger.id - Tips menentukan harga jual rumah yang pas. Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas Tips Jual Rumah Agar Cepat Laku, nah disisi lain kita juga harus bisa menentukan harga jual rumah yang sesuai biar tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Intinya setiap menjual barang properti diusahakan harus selalu untuk jangan sampai jual rugi ya. Hehe

Jadi tahapan nya adalah Anda lakukan survei lingkungan untuk mencari pembanding, apakah ada rumah sejenis yang ditawarkan di sekitar rumah yang akan dijual. Lihat harga jualnya.

Tips Menentukan Harga Jual Rumah yang Pas

Jika di sekitar tak ada rumah yang dijual, cari di radius yang lebih luas. Hal ini penting sebagai pembanding dan pegangan si penjual. Ingat ya Anda perlu survei lingkungan lalu tanya harga rumah yang dijual sebagai pembanding untuk Anda menentukan harga jual untuk rumah yang akan Anda jual.

Selanjutnya lakukan penyesuaian terhadap rumah yang akan dijual. Perbandingan bisa dilihat dari beberapa poin, seperti luas tanah dan bangunan, legalitas (sertifikat), karateristik rumah (arah hadap, bebas banjir atau tidak, bentuk dan usia bangunan, dan lain-lain).

Jika secara keseluruhan rumah yang akan dijual lebih baik dibanding rumah pembanding, maka tawarkan harga yang lebih tinggi. Begitu pula sebaliknya.

Harga Jual Rumah

Lalu, untuk menguji harga yang ditetapkan, coba analisa harga tanah dan bangunan secara terpisah. Misalnya didapat harga tanah Rp. 500 juta dan harga bangunan Rp. 200 juta, maka sebaiknya penjual menawarkan rumah dengan harga 20% di atas harga tersebut, yakni sekitar Rp. 850 juta. Jika nanti terjadi negosiasi, bertahanlah di harga Rp. 700 juta.

Nah, jika tidak sempat melakukan survei maka bisa menggunakan jasa penilai properti (appraisal). Penilai properti juga akan melakukan tahapan yang sama seperti diatas.

Oke baik demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan mudah-mudahan dengan artikel yang kami berikan bisa mendapat pencerahan bagi Anda yang sedang ingin menjual rumah tanpa perantara.

Posting Komentar untuk "Tips menentukan harga jual rumah yang benar agar tidak rugi"